Berapa Lama Paket di Tempat Sortir hingga Sampai ke Alamat Tujuan

Berapa Lama Paket di Tempat Sortir

Berapa lama paket di tempat sortir? Ini adalah salah satu pertanyaan konsumen ketika mengalami masalah paket tidak bergerak. Dimana, paket masih berada di gudang tempat penyortiran barang-barang.

Permasalahan ini bisa terjadi pada ekspedisi mana pun, termasuk JNE, J&T Cargo, Anteraja, dan lain sebagainya. Namun, jangan khawatir, sebab paket yang telah sampai di tempat sortir biasanya tidak sampai berhari-hari.

Lantas, “apa itu tempat atau lokasi sortir?Kemudian, “apa arti pesanan telah sampai di lokasi sortir, dan berapa lama waktunya?” Tenang sob, karena kami akan membahas dalam artikel ini secara tuntas.

Dengan begitu, kamu gak perlu bingung lagi akan pesanan paketmu yang sudah di lokasi sortir. Yuk, scroll terus halaman ini agar kamu bisa dengan mudah memahaminya.

Apa Itu Lokasi Sortir?

Lokasi sortir adalah tempat atau gudang penyimpanan untuk memilah, memilih, dan mengurutkan paket sesuai tujuan pengiriman. Ini bertujuan agar proses pengiriman paket menjadi lebih cepat dan efektif.

Umumnya, lokasi penyortiran suatu jasa pengiriman berada di pusat Kota. Tempatnya luas berupa gudang, sehingga bisa menampung banyak paket kiriman.

Bisa dikatakan, lokasi sortir adalah tempat berkumpulnya paket dari suatu wilayah yang akan dikirim ke tujuan selanjutnya. Apabila paketmu masih di tempat sortir, maka itu artinya paket masih dalam proses pengiriman.

Arti Pesanan Telah Sampai di Lokasi Sortir

Ketika paketmu sudah sampai di tempat sortir, maka pihak ekspedisi akan memberikan informasi melalui update status lacaknya. Sebagai contoh, kamu bisa melihat status dari 2 (dua) ekspedisi berikut:

  • Status cek resi JNE yang tertulis “RECEIVED AT SORTING CENTER”. Ini artinya paket pesanan JNE sudah tiba di pusat sortir.
  • Status tracking J&T yang menunjukkan bahwa paket sudah sampai di tempat sortir adalah “PAKET TELAH SAMPAI DI DROP CENTER”.

Keduanya memberikan arti, bahwa paket pesanan telah sampai di lokasi sortir. Selanjutnya, paket akan di proses untuk diantarkan ke tujuan pengiriman berikutnya, atau ke alamat rumah si penerima paket.

Tips Mengatasi Masalah Paket di Tempat Sortir

Ada beberapa solusi yang dapat kamu gunakan supaya paketmu aman dan tetap lancar saat di tempat sortir, antara lain:

  • Pastikan kamu menulis alamat dengan benar sewaktu mengirim paket. Kamu bisa menggunakan huruf besar agar petugas mudah membacanya.
  • Menggunakan layanan kirim cepat, contohnya JNE SS, J&T Super, Anteraja Same Day, dan SiCepat Best.
  • Mempertimbangkan waktu pengiriman. Maksudnya adalah, menghindari mengirim paket di hari libur nasional.

Berapa Lama Paket di Tempat Sortir?

Berapa Lama Paket di Tempat Sortir

Secara umum, lama waktu paket di tempat sortir adalah 1-2 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan waktunya lebih cepat, hanya beberapa jam saja. Hal ini tergantung dari jumlah paket yang masuk ke dalam gudang penyortiran.

Selain itu, faktor alam seperti cuaca yang buruk juga bisa mempengaruhi lama paket di tempat sortir. Belum lagi jumlah sumber daya manusia yang bekerja, serta kondisi mesin sistem penyortiran.

Untuk beberapa kasus, malah lebih lama durasi waktu kirim di tempat sortir. Terutama ketika hari-hari tertentu, seperti hari raya idul fitri, tahun baru, dan hari libur nasional lainnya.

Meskipun begitu, kamu tidak perlu risau, sebab pihak ekspedisi biasanya sudah menyediakan sistem pelacakan paket secara realtime. Nah, untuk lacak paket ekspedisi bisa memakai tautan Cek Reai di bawah ini.

-

Kesimpulan

Dari penjelasan yang sudah kami berikan, teman-teman dapat mengetahui lama paket di tempat sortir adalah 1 sampai 2 hari. Dengan catatan, tidak ada kendala berarti ketika dalam proses penyortiran.

Ingat, sebaiknya kamu tetap sabar ketika paket tidak bergerak di tempat sortir. Karena tahapan penyortiran itu membutuhkan waktu, apalagi jumlah paket yang datang membludak.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *